Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

 

Setelah lulus kuliah, banyak fresh graduate yang ingin bekerja agar bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Sebelum diterima di suatu pekerjaan, kita harus melamar kerja terlebih dahulu. Dalam melamar kerja, kita membutuhkan beberapa dokumen yang penting untuk diajukan, salah satunya adalah surat lamaran kerja atau cover letter

Surat ini penting karena isinya berupa informasi tambahan mengenai keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki agar bisa membantu perekrut menilai apakah ada aspek lain dari dirimu yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Selain itu, surat lamaran kerja juga dapat membantu mempromosikan kualitas dirimu sebagai pertimbangan bagi perekrut untuk memilihmu sebagai kandidat yang unggul.

Bagi seorang fresh graduate, menulis surat lamaran kerja tentu bukanlah hal yang mudah. Meskipun kamu sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun menempuh pendidikan, bahkan aktif di organisasi sehingga akan ada banyak hal yang bisa dicantumkan ke dalam surat lamaran, kamu mungkin akan kebingungan bagaimana menyusun surat lamaran kerja. 

Oleh karena itu, ketika ingin membuatnya, kamu harus memerhatikan hal-hal apa saja yang harus disertakan ke dalam surat lamaran kerja. Yuk, simak artikel ini untuk mencari tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Aspek di Dalam Cover Letter

Dalam menulis surat lamaran kerja, kamu perlu tahu beberapa aspek penting yang harus ada di dalam surat lamaran kerjamu. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan.

  • Detail berupa tanggal pembuatan surat lamaran, kontak yang bisa dihubungi, dan alamat pribadi.
  • Nama perekrut dan alamat perusahaan yang membuka lowongan kerja.
  • Salam pembuka yang mengungkapkan ketertarikanmu dengan pekerjaan yang kamu lamar.
  • Pengenalan tentang dirimu dan latar belakang pendidikanmu.
  • Penjelasan singkat tentang kualifikasi dirimu berupa pengalaman dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  • Pernyataan penutup dan salam penutup.


Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui aspek apa saja yang harus ada dalam surat lamaran kerja, ini dia  5 contoh surat lamaran kerja untuk berbagai bidang yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat punyamu agar lamaranmu lebih menarik.

1. Jabatan Staf HR

(Alamat)

(Tanggal)

 

(Nama Penerima)

(Jabatan)

(Alamat Perusahaan)

Yang terhormat (Titel dan Nama),

Saya menulis surat ini untuk menyampaikan ketertarikan saya terhadap jabatan Staf HR di perusahaan Anda.

Saya baru saja mendapatkan gelar sarjana di Administrasi Bisnis, jurusan Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dari Universitas XYZ, saya berharap dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, dan komitmen saya untuk perusahaan Anda yang inovatif.

Sebagai seorang pelajar Administrasi Bisnis, jurusan Manajemen SDM, saya telah dilengkapi dengan ilmu penting yang berkaitan dengan perekrutan tenaga kerja, organisasi pekerja, pelatihan personel, dan kompensasi juga legal provisions disertai dengan isu permasalahan ketenagakerjaan lainnya.

Pengalaman magang saya di Perusahaan ABC juga telah menambah keterampilan yang memadai untuk bekerja dengan beberapa professional di bidang SDM. Selama masa 4 bulan magang, saya telah mempelajari proses kerja dalam divisi SDM dan kemudian meyakinkan saya bahwa manajemen SDM adalah tujuan karir yang ingin saya jalani.

Beberapa pencapaian telah saya raih selama magang, termasuk menjadi pimpinan proyek untuk kegiatan ikatan olahraga perusahaan. Saya bekerja sama dengan pekerja magang lainnya dan kami sukses mengatur sebuah darmawisata untuk 100 karyawan. Kami memperoleh penilaian 95% baik hingga sempurna dari hasil survey yang kami laksanakan kepada karyawan tersebut setelah acara selesai.

Sebagai rincian tambahan terkait dengan kualifikasi dan keahlian saya, mohon tinjau kembali lampiran surat ini.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya ingin sekali mendengar kabar kembali dari Anda.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

(Email dan Nomor Kontak)

 

2. Posisi Copywriter

(Alamatmu)

(Tanggal)

 (Nama Penerima)

(Jabatan)

(Alamat Perusahaan)

Yang terhormat (Titel dan Nama),

Setelah saya membaca lowongan pekerjaan melalui JobStreet untuk posisi Copywriter, saya menulis surat lamaran ini dengan ketertarikan tinggi untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Sebagai mahasiswa yang baru lulus dari program studi Jurnalistik, saya merasa posisi tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, dan minat karir saya.

Selama menjadi mahasiswa di Universitas XYZ, tidak hanya mempertahankan nilai yang baik, tetapi saya juga menjadi anggota tim redaksi majalah fakultas di mana saya berperan sebagai jurnalis. Melalui kegiatan ini, saya secara aktif menulis 30 artikel yang berfokus pada topik isu sosial dan lingkungan.

Sebagai seorang mahasiswa yang berorientasi pada target, saya belajar tentang pentingnya menjadi disiplin, fokus, detail-oriented dan juga berkeinginan untuk selalu belajar untuk menjadi Copywriter yang baik. Pengalaman saya bekerja dalam mengorganisasi jalannya majalah fakultas secara berkelanjutan juga telah menanamkan pemahaman saya akan nilai-nilai kerja sama.

Sebagai anggota dari suatu tim redaksi, 5 dari 30 artikel yang saya tulis sukses meningkatkan traffic website di atas 25%, yang mana persentase tersebut adalah persentase terbesar yang pernah dicapai redaksi kami. Selama 1 tahun bergabung dengan tim ini, saya belajar bagaimana cara menghasilkan tulisan yang baik dan menggaet banyak pembaca, serta cara mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan, yang mana sangat penting dalam mencapai kesuksesan perusahaan.

Meskipun ini akan menjadi pengalaman pertama saya dalam dunia copywriting, saya cukup percaya diri bahwa dengan keterampilan dan kemauan belajar yang saya miliki, saya bisa belajar dengan cepat dan berkontribusi langsung terhadap tim dan juga perusahaan.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya berharap dapat mendengar kabar selanjutnya dari Anda.

Hormat saya, 

(Nama Lengkap)

(Email dan Nomor Kontak)

 

3. Posisi Digital Marketing

(Alamatmu)

(Tanggal) 

(Nama Penerima)

(Jabatan)

(Alamat Perusahaan)

Yang terhormat (Titel & Nama),

Saya ingin mengungkapkan ketertarikan saya untuk melamar sebagai Digital Marketer di perusahaan Anda.

Saya yakin bahwa gelar saya di Administrasi Bisnis jurusan Pemasaran dari Universitas XYZ sesuai untuk posisi ini. Sebagai seorang pelajar, saya telah dilengkapi dengan ilmu dan keterampilan yang penting untuk membantu  mengembangkan dan membuat strategi pemasaran yang efektif.

Selama 6 bulan saya magang di perusahaan ABC bagian pemasaran, saya belajar bagaimana perusahaan menentukan produk atau jasa untuk dijual, bagaimana cara mencapai target demografis dengan analysis tools, dan bagaimana merespon ancaman dari kompetitor. Saya juga memiliki kesempatan untuk bekerja dengan profesional yang mengajari saya bagaimana cara menerapkan konsep pemasaran dengan mudah dan tepat waktu, serta bagaimana cara menghadapi situasi sulit agar tetap fokus mencapai tujuan.

Saya juga mempelajari keterampilan atau skill yang mempermudah saya untuk bergabung dalam tim dan untuk bekerja sama secara berkelanjutan untuk mencapai hasil di tengah-tengah kegagalan dan kemunduran.

Selain itu, telah terhitung 5 bulan sejak saya bersama kakak saya menjalankan toko kosmetik online di Instagram yang berhasil mencapai lebih dari 1000 pengikut dan 700 produk terjual pada satu bulan pertama. Setiap bulannya, akun Instagram ini dapat mencapai rata-rata 500 pengikut baru, diiringi dengan peningkatan engagement sebesar 10%, dan penjualan produk sebanyak 800pcs. 

Bersama surat lamaran ini, saya lampirkan resume saya sebagai pertimbangan Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk me-review surat lamaran saya dan saya sangat mengharapkan balasan dari Anda sehingga kita dapat membahas lamaran saya lebih jauh.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

(Email dan Nomor Kontak)

 

4. Posisi Teller Bank

(Alamatmu)

(Tanggal) 

(Nama Penerima)

(Jabatan)

(Alamat Perusahaan)

Yang terhormat (Titel & Nama),

Melalui surat ini, saya ingin mengungkapkan ketertarikan saya terhadap posisi teller yang ditawarkan oleh Bank ABC. Sebagai lulusan dari Universitas XYZ dengan gelar sarjana di jurusan Manajemen, saya merasa bahwa saya merupakan kandidat yang cocok untuk posisi ini.

Saat kuliah semester 6, saya pernah magang sebagai kasir dan kemudian pada semester 7, saya memiliki pengalaman magang sebagai asisten manajer di (nama perusahaan). Pengalaman ini meningkatkan keterampilan saya dalam mengelola keuangan dan bekerja sama dengan orang lain. Dari pekerjaan ini, saya merasa nyaman dan terbiasa apabila diberi kepercayaan untuk bertanggung jawab dalam pekerjaan yang berhubungan dengan jumlah uang yang banyak. Pengetahuan yang telah saya peroleh dari pengalaman kuliah dan magang merupakan aset yang bisa saya terapkan saya untuk posisi teller.

Sebagai lulusan dari jurusan Manajemen, saya pernah mengambil beberapa kelas manajemen, seperti manajemen keuangan, manajemen investasi, dan prinsip-prinsip perbankan. Saya berhasil meraih IPK 3,95 di jurusan saya dan lulus dengan nilai tertinggi di angkatan saya. Dengan pencapaian saya ini, dapat dibuktikan bahwa saya memiliki motivasi tinggi dan selalu berusaha dengan apa yang saya lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik yang bisa saya dapatkan. 

Saya telah melampirkan resume saya bersama surat ini untuk ditinjau lebih lanjut. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca surat ini. Saya berharap mendapat kabar baik sebagai balasan dari surat ini.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

(Email dan Nomor Kontak)

 

5. Posisi Desainer Grafis

(Alamatmu)

(Tanggal) 

(Nama Penerima)

(Jabatan)

(Alamat Perusahaan)

Yang terhormat (Titel & Nama)

Saya mengirim email untuk menyatakan ketertarikan saya terhadap lowongan di posisi Desainer Grafis yang Anda tawarkan di perusahaan Anda.

Saya merupakan lulusan S1 dari jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas ABC. Sebagai lulusan Ilmu Komunikasi, saya telah mempelajari bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain, negosiasi, kepemimpinan, hingga manajemen yang merupakan keterampilan yang penting dimiliki seseorang untuk bekerja sehingga dapat berkontribusi dalam mencapai visi, misi, dan tujuan dari perusahaan.

Pada saat semester 2 masa perkuliahan, saya bergabung dengan Himpunan Mahasiswa sebagai staff divisi Media dan Informasi di tim desain yang tugasnya merencanakan dan mendesain secara visual konten media sosial dan website himpunan. Di sini saya bertugas selama satu periode atau satu tahun. Selain itu, semasa kuliah juga saya pernah 4 kali menjadi kepala divisi Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi yang bertanggung jawab atas segala hal terkait bagaimana suatu kegiatan dipublikasi, didekorasi, dan didokumentasikan. Salah satunya pembuatan desain dari berbagai konten kegiatan tersebut. Dari pengalaman-pengalaman ini, saya mendapatkan banyak hal berharga dalam mengembangkan keterampilan desain, kerja sama, dan kepemimpinan.

Saya juga pernah mengikuti kompetisi desain grafis tingkat nasional yang diikuti 1000 peserta dan mampu meraih juara pertama dalam lomba tersebut. Ini membuktikan bahwa kemampuan saya di bidang desain bisa dibilang mumpuni dan sudah diakui oleh ahlinya di tingkat nasional. Selain itu, dari sini juga dapat dibuktikan bahwa saya serius dalam mendesain sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Bersama email ini saya melampirkan CV, portofolio, dan dokumen syarat lainnya untuk Anda pertimbangkan lebih lanjut. Terimakasih atas waktunya untuk membaca email ini. Saya berharap untuk segera mendapat kabar dari Anda.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

(Email dan Nomor Kontak)

Demikianlah contoh surat lamaran kerja yang bisa dijadikan referensi. Setelah melihat contoh, kamu bisa langsung membuat surat lamaran kerjamu sekarang. Setelah itu, kamu bisa membuat profil JobStreet untuk mulai mencari pekerjaan yang kamu impikan.

Jangan lupa kunjungi Tips Karir untuk mendapat lebih banyak informasi dan tips mengenai pembuatan CV, latihan simulasi wawancara, dan berbagai informasi lainnya tentang dunia kerja. Jangan lupa update profilmu setiap kamu memperoleh pengalaman dan skills baru, ya! 

close